Call Center : 0411-3623237
22
SEP
2012

Tenaga Batterai dari Kulit Durian

Selama tiga hari, ratusan siswa SMK dari 38 kota dan kabupaten di Jatim unjuk kreativitas dan inovasi, dalam Gelar Karya dan Pameran SMK dan Perguruan Tinggi di Jatim Expo, Jumat (14/9/2012).

Dalam pameran, ditampilkan berbagai karya siswa yang memiliki keunggulan inovatif dan belum ada di dunia industri. Salah satunya, adalah sepeda motor berbahan bakar elpiji karya siswa SMKN Bangkalan.

Adapula sepeda motor yang ditambah dengan retrofit sebuah penggerak motor yang ramah lingkungan. Tidak hanya itu, ada juga karya paling inovatif, menciptakan bahan baterai dari bahan kulit durian. Inilah  karya siswa SMKN 1 Cerme, Gresik.

“Baterai ini bisa kita buat dengan memanfaatkan kulit bagian dalam durian. Selain tahan lama, baterai ini sangat ramah lingkungan dan mudah pembuatannya,” ucap Nurlaili Chodriyah, siswa SMKN 1 Cerme.

Cara membuatnya, baterai bekas dikeluarkan isinya. Kemudian diisi dengan kulit durian bagian dalam yang sudah diblender. Setelah itu ditutup dan bisa digunakan. Bateri ini diberinama nice batteray dry cell.

“Inspirasinya, saat kami  mencari informasi dari internet dan diketahui kalau kulit durian bagian dalam mengandung kalium dan natrium. Zat inil merupakan kandungan dalam baterai,” tambah Nurlaili.

Pameran ini dibuka oleh Sekdaprov Rasiyo.

“Siswa SMK perlu ajang untuk mewadahai dan mengapresiasi karyanya dengan pemeran seperti ini. Kami sangat mengapresiasi,” kata Rasiyo.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Harun menuturkan, sudah banyak lulusan SMK yang langsung ditawari kerja di industri karena memiliki skill.

“Kita juga gandeng perguruan tinggi untuk bisa berinteraksi dengan siswa,” ujarnya.

Leave a Reply

*


six + 6 =

captcha *